Sabtu, 07 Oktober 2017

Virtual Machine (Virtual Box)

PENGERTIAN VIRTUAL BOX

Virtual Box merupakan software virtualisasi yang digunakan untuk menginstal OS “Operating System” atau bahasa indonesianya Sistem Operasi. Jadi kalian semua dapat menginstal sistem operasi lain di dalam sistem operasi yang kalian punya, begituu. Misalnya anda memiliki sistem operasi Ms. Windows yang terpasang pada komputer anda, maka anda dapat pula menjalankan sistem operasi lain pada Ms.Windows yang anda punya.
Itu tadi masih berputar putar dalam masalah pengertian, yah semoga minimal anda kenal/tahu apa itu virtualbox, setelah ini saya akan meberitahukan tentang fungsi virtual box.
FUNGSI dari VIRTUALBOX sendiri
  1. Mencoba operating system yang berbeda dengan operating system utama
  2. Mencoba operating system yang baru rilis atau masih dalam tahap uji
  3. Mencoba untuk membuat sebuah simulasi jaringan dan
  4. Mungkin juga untuk mencoba simulasi menguji sebuah security, entah itu OS ataupun website
secara garis besar fungsi virtualbox adalah mencoba.. itu sajaa, padahal buat anak kecil jangan coba coba kata iklan yang itu haha
nah menginstal virtual box pada komputer anda juga mempunyai manfaat lhoo, manfaatnya berupa :
  1. Dapat bermanfaat bagi kaum awam untuk belajar menginstall operating system, tanpa perlu mengubah atau mengcopykan data data yang ada di hardisk
  2. Dapat menginstall beberapa operating system secara Cuma-Cuma tanpa harus mempermanent-kannya ke dalam hardisk
  3. Hemat uang, dalam arti tidak perlu membeli hardware-hardware atau computer baru untuk memakai banyak operating system
Pengertian sudah paham, fungsinya dan manfaatnya pun juga udah tau ? kurang apa coba ? gausah banyak menunggu, langsung saja memasang virtual box pada PC computer anda. Saya akan menjelaskan caranya menginstal virtual box pada PC computer anda, disimak yaaa
CARA MENGINSTAL VIRTUAL BOX PADA PC KOMPUTER
Yang pertama tama harus anda lakukan sebelum memasang virtualbox adalah berdoa terlebih dahulu agar diberi kemudahan dalam menginstal gan.
Nah kalo sudah berdoa, hal yang harus kalian lakukan adalah memiliki software virtual box terlebih dahulu. Gak lucu kan kalo kalian ingin memainkan sesuatu itu tapi gapunya obyek yang dimainkan ?
Kalo anda sudah mendownload virtualbox, dan sudah memiliki aplikasi virtualbox. Maka saya akan menjelaskan cara menginstalnya. Beginiii
Apabila sudah memiliki aplikasi installernya langsung saja klik 2x aplikasi installernya, maka akan keluar pernyataan seperti pada gambar dibawah ini

Nah, apabila melihat dua pilihan next atau cancel. Langsung aja pilih Next gan. Setelah anda memilih next maka akan keluar seperti pada gambar berikut ini.

Yang harus anda lakukan apabila keluar pada gambar tersebut adalah memilih next dan melanjutkan ke proses selanjutnya,

Pada kolom ini anda diharapkan untuk memberi tanda check (v) yang berfungsi untuk menampilkan icon virtualbox pada desktop anda, kemudian pilih next,

Setelah itu akan keluar kolom peringatan yang berisi pemberitahuan karena network koneksi anda akan terputus untuk sementara waktu, pilih saja “yes” untuk melanjutkan penginstalan virtualbox,

Okey, pilih install untuk melanjutkan instalasi.

Nah jika telah muncul kolom seperti ini anda hanya dapat menunggu penginstalan virtualbox pada pc anda berhasil, dan jangan sekali kali meng klik cancel karena dapat membatalkan proses

Gambar seperti diatas yang akan muncul apabila proses penginstalan sudah selesai. Yang anda lakukan pilih install karena anda diharuskan untuk menginstal device pada virtualbox.

Yak, ini adalah akhir dari penginstalan virtualbox. Apabila keluar seperti pada gambar diatas maka penginstalan sudah berhasil. Yang harus anda lakukan adalah membaca hamdalah dan memilih “finish”.
Kemudian apabila virtualbox telah terpasang pada PC computer anda, anda dapat membuka dengan cara memilih aplikasi virtualbox.. seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Virtual Machine

1. Langkah pertama untuk membuat mesin virtual adalah dengan meng-klik tombol “New” pada bagian atas kiri layar atau dengan shortcut Ctrl + N.

2. Setelah mengklik “New” anda akan diminta untuk memasukkan Nama, Type dan Version virtual machine anda. Masukkan Type & Version sesuai dengan OS yang anda ingin instal nantinya. Setelah selesai klik Next.

3. Pada layar selanjutnya anda akan diminta untuk menentukan ukuran RAM yang akan di alokasikan untuk mesin virtual. Virtualbox memberikan rekomendasi ukuran berdasarkan sistem operasi yang akan di install, namun anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Semakin besar RAM yang anda alokasikan makan semakin lancar pula virtual machine anda. Namun anda perlu untuk menyisakan beberapa, agar sistem operasi reguler anda dapat tetap berjalan. Setelah selesai klik Next.

4. Langkat selanjutnya adalah membuat harddisk virtual yang akan digunakan untuk menginstall sistem operasi dan program pada mesin virtual anda nantinya. Terdapat 3 opsi pengaturan yang bisa anda gunakan :
§  Do not add a virtual hard disk
Opsi ini digunakan untuk tingkat mahir dimana hard disk virtual akan dibuat dalam pengaturan terpisah setelah pembuatan mesin virtual selesai.
§  Create a virtual hard disk now
Opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru bersamaan dengan pembuatan mesin vitual.
§  Use an existing virtual hard disk file
Opsi ini digunakan untuk menggunakan hard disk virtual yang sudah pernah anda buat.

§  Untuk saat ini karena anda belum memiliki hard disk vitual maka pilih Create a virtual hard disk now dan tekan Create.
5. Pilih tipe file hard disk yang akan kita gunakan.

Terdapat 3 tipe file hard disk yaitu :
§  VDI (Virtualbox Disk Image) adalah format native dari Virtual Box
§  VHD (Virtual Hard Disk) adalah format native dari Microsoft Virtual PC
§  VMDK (Virtual Machine Disk) adalah format native dari VMWare
Jika anda tidak ingin menggunakannya untuk software virtualisasi lainnya pilih “VDI (VirtualBox Disk Image)”. Kemudian pilih Next >.
6. Pada langkah selanjutnya anda akan diminta untuk memilih bagaimana virtual hard disk tersimpan pada hard disk fisik anda. Terdapat dua opsi pengaturan yaitu :
§  Dynamically Allocated, menggunakan kapasitas hard disk fisik berdasarkan jumlah hard disk virtual, tidak berdasarkan ukuran yang telah di tentukan.
§  Fixed Size, kapasitas hard disk fisik yang digunakan berdasarkan kapasitas hard disk virtual yang dibuat.
Pilih sesuai kebutuhan anda (direkomendasikan menggunakan Dynamically Allocated)  dan kemudian pilih Next >.

7. Pada langkah terakhir adalah menentukan Lokasi & Ukuran hard disk virtual anda. Silahkan atur sesuai dengan kebutuhan anda. Ada baiknya anda menyesuaikan dengan system requirement dari OS yang akan di install. Setelah selesai klik Create maka mesin virtual anda telah berhasil dibuat.

4. Cara Menjalankan Virtual Machine
Setelah selesai membuat virtual machine yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu menjalankannya dengan mengklik tombol Start.
Saat pertama kali anda menjalankan virtual machine, anda tetap harus menginstall sistem operasinya, sama seperti pada komputer biasa, ini berarti anda harus menyiapkan DVD instalasi atau file ISO sistem operasi anda. Pastikan Type & Version ISO yang anda punya sama dengan yang sudah anda atur di Langkah 2 pada Membuat Virtual Machine.

Terimakasih sudah mau membaca blog saya…
Wassalamualaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar