Kamis, 01 Juni 2017

Hardware Komputer

Perangkat keras komputer (bahasa Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Perangkat keras (hardware) di dalam komputer ini memiliki peran yang cukup penting. Tanpa perangkat keras, komputer tidak akan bisa untuk dijalankan oleh pengguna. Dengan adanya hardware kita dapat menjalankan komputer dengan baik. Ada banyak contoh-contoh hardware yang sering kita gunakan.
Contoh-contoh hardware diantaranya :. Motherboard merupakan komponen utama dan penting dari sebuah komputer karena di dalamnya semua komponen komputer akan disatukan. Motherboard ini sebagai tempat lalu lintasnya data. CPU/Central Processing Unit (Perangkat Pemrosesan)  merupakan perangkat keras komputer berguna untuk melaksanakan perintah dan data yang diberikan oleh perangkat lunak. RAM/Random Access Memory (Perangkat Pemrosesan) merupakan penyimpanan komputer yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap. RAM ini bisa ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (Read Only Memory), RAM biasanya memang digunakan sebagai penyimpan utama di dalam komputer untuk mengubah informasi dengan aktif.

Kutipan tentang Hardware Komputer :
Hardware adalah bagian dari sistem komputer yang bisa ditendang. (Jeff Pesis)




Daftar Pustaka                                                                                               
http://www.habibullahurl.com/2015/08/contoh-hardware-komputer-dan-fungsinya.html
http://www.siswamaster.com/2016/02/contoh-hardware-komputer-dan-fungsi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar